1/01/2009

flora dan fauna terancam

Artikel pendidikan
By. Deon cool

Judul : flora dan fauna terancam
key word : flora, fauna, terancam, bogor
Ini artikel deon selanjutnya tentang pendidikan
Jadilah pembaca yang baik dengan meninggalkan komentar
Semoga informasi ini bermanfaat buat kita semua

flora dan fauna terancam

kelestarian hidup flora dan fauna di sekitar kawasan Bogor terancam. Hal itu disebabkan maraknya perubahan tata guna lahan dan perdagangan flora dan fauna di wilayah itu.

Menurut pendapat pakar burung dan peneliti Pusat Penelitian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Universitas Padjadjaran, Johan Iskandar, dalam diskusi Perubahan Tata Guna Lahan di kawasan Bogor, Puncak, dan Cianjur atau Bopunjur di Grha Kompas Gramedia, Bandung, Selasa (16/12).

Menurut beliau, kawasan Boponjur telah ditetapkan sebagai hutan lindung dan sangat penting sebagai fungsi konservasi bagi flora dan fauna tertentu. Di Bopunjur terdapat kawasan konservasi seperti Kebun Raya Cibodas, Cagar Alam Gede Pangrango, Taman Wisata Situ Gunung, dan Cagar Alam Talagawarna.

"Akan tetapi, saat ini, fungsi konservasi itu terancam karena ulah manusia memanfaatkan lahan. Hal itu berakibat pada kelangsungan hidup flora dan fauna yang ada atau singgah di sana," katanya.

kelestarian flora, menurut Johan, terancam akibat diperjualbelikan, baik oleh masyarakat sekitar atau luar Bopunjur. banyak jenis tanaman yang dianggap ciri khas daerah dataran tinggi Bopunjur yang berada di ketinggian 600 meter 800 meter di atas permukaan laut.

"Banyak pembeli menganggap tanaman atau flora di Bopunjur, sangat indah dan cocok dijadikan tanaman hias," katanya.

selain alih fungsi lahan perumahan dan pertanian sehingga mengakibatkan hilangnya kawasan koridor hutan di sekitar Bopunjur, penyebab lain adalah penggunaan pestisida di kawasan itu.

daerah Bopunjur, menurut beliau, adalah salah satu rute migrasi burung dari utara menuju selatan. kawanan burung yang bermigrasi itu menggunakan Bopunjur sebagai salah satu tempat beristirahat dan mencari makan. Namun, aktivitas itu kini terancam. Fauna itu terancam kehilangan tempat istirahat dan mencari makan.

"Banyak burung dikhawatirkan gagal migrasi akibat keracunan pestisida akibat apa yang dimakannya ketika melewati daerah Bopunjur," katanya.

beliau mengharapkan para pemegang kebijakan di Bopunjur bisa belajar dari data keberadaan burung yang tersisa.

Semoga dapat menambah pengetahuan
Artikel pendidikan By. Deon cool
http://katadeon.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Post a Comment