-->>> HOME <<<--I-->>> INFO <<<--I-->>> TIPS <<<--I-->>> TUTOR <<<--I-->>> DEON <<<--

1/17/2009

tips menghadapi atasan otoriter

Tips dalam kehidupan
By. Deon cool

Judul : tips menghadapi atasan otoriter
key word : otoriter, atasan otoriter, tips menghadapi atasan otoriter
Ini tips deon selanjutnya tentang kehidupan
Jadilah pembaca yang baik dengan meninggalkan komentar
Semoga tips ini bermanfaat buat kita semua

tips menghadapi atasan otoriter

Atasan atau bos Anda di kantor sangat menyebalkan? Sekesal dan sedongkol apapun Anda pada sikapnya, mau tak mau Anda tetap harus bisa berhadapan dengan bos yang memiliki karakter sulit. Berikut beberapa tipe bos dengan karakter sulit bagi anak buahnya:

Bos tipe ini sangat mendewakan jabatan dan kedudukannya, umumnya mereka gemar sekali memberi perintah. Meski memberi perintah adalah salah satu tugasnya, tapi cara mereka mengeluarkan perintah umumnya sinis. Tak heran jika bos tipe ini sering membuat anak buahnya 'jantungan', stres dan tak nyaman.

Tapi tak perlu takut dan khawatir, se-otoriter apapun seseorang, selalu ada cara untuk menghadapinya. Sikap atasan yang 'bossy', umumnya karena ia membutuhkan pengakuan dari lingkungan bahwa dirinya punya kekuasaan. Untuk menghadapi tipe atasan seperti ini, berikut tips dari deon :

Minta persetujuan
Setiap kali Anda ingin melakukan suatu pekerjaan, jangan lupa minta persetujuan dan pendapat bos. Sebab bos yang otoriter, biasanya lebih suka jika dimintai pendapatnya. Coba untuk selalu menyamakan pendapat, sehingga Anda menemukan kecocokan dengannya.

Hindari konfrontasi
Bila ingin memberi usul membangun, jangan ragu untuk menyampaikannya pada si bos. Asal dikemukakan tanpa menimbulkan konfrontasi. Bos yang otoriter, biasanya tidak suka bertele-tele. Sampaikan laporan secara singkat, padat tapi jelas. Tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dengan praktis tanpa mengurangi bobot pekerjaan.

Pujilah bos
Orang yang 'sulit' seperti ini, biasanya selalu ingin dihargai. Mereka 'haus' akan sanjungan dan kehormatan, sehingga pujilah ia sesekali. Di lain waktu, kritiklah tindakannya yang mengganggu. Katakan kalau Anda ingin melakukan yang terbaik dan akan lebih mudah melakukannya jika kondisi lingkungan mendukung. Jangan lupa untuk menyampaikannya dengan halus dan sopan.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
Tips dalam kehidupan By. Deon cool
http://katadeon.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



10 komentar:

Roni - Blog 503 said...

wah iya. boleh nyaingi mas ? wekekekekeke

Didiet said...

Susah juga ya kalau dapat bos yg otoriter, dengan adanya tips ini bisa merupakan salah satu trik yang bisa dikembangkan...

Harry Seenthings said...

wuekekekekek kalo aku gag isa nyangi nih

erwinyustiawan said...

wah keliatannya bos-bos seperti ini banyak nie di indonesia.hehe

www.katobengke.com said...

gmana caranya...
mau dong...
salam kenal yah
so aq rada-2 kagak paham

bhart said...

sayang sekali saya bukan tipe penjilat pantat.
sudah berapa kali saya dipecat gara-gara itu..
tetapi memang saya percaya ada orang yang diciptakan untuk menjadi pembangkang seperti aku ini. Jika bertentangan dengan prinsip ku langsung aja kubantah.. tanpa ba - bi - bu
FIRED!! wekekekek :)

Anonymous said...

setuju dengan bhart...
orang pembangkang seperti saya dan anda patut ada di tempat kerja yang memiliki bos yang otoriter... agar karyawan yang lain memiliki keberanian untuk menentang jika perintah yang diberikan menyalahi aturan atau kesepakatan kerja.
masa gara-gara si bos sakit hati atas sikap saya, beliau langsung memecat saya padahal saat itu saya masih dalam masa skorsing/ SP1 dan tanpa adanya SP2 dan SP3 saya langsung dipecat. otoriter banget... dipecat bukan karena kesalahan kerja tetapi karena sakit hati/ urusan pribadi... perlu dimusnahkan orang-orang yang seperti itu!!

Anonymous said...

ya oklah kalo begitu

Anonymous said...

Bos seperti itu yang harus di jinakan eh salah di ingatkan bahwa karyawan juga punya hak untuk dihargai,dalam kedudukanya sama saling membutuhkan.tq ya.......

Anonymous said...

setuju bhart, sy jg pembangkang mengadapi atasan seperti ini.dan saat ini sdg sy alami, hny sy yg berani vocal sehingga dia tdk suka dgn sy dan yg sy dgr dia mau pecat saya.tapi sy ingin buktikan pada semua rekan sekerja seblm sy keluar bahwa apa yg telah saya kerjakan sudah sepantasnya yg telah menjadi tanggung jawab saya.

Post a Comment

buku tamu


ShoutMix chat widget