2/11/2009

tips menghadapi atasan temperamental

Tips pendidikan
By. Deon cool

Judul : tips menghadapi atasan temperamental
Tag : temperamental, tips menghadapi atasan temperamental, apakah kita bisa menghadapi atasan temperamental
Ini tips deon selanjutnya tentang pendidikan

tips menghadapi atasan temperamental

Atasan atau bos Anda di kantor sangat menyebalkan? Sekesal dan sedongkol apapun Anda pada sikapnya, mau tak mau Anda tetap harus bisa berhadapan dengan bos yang memiliki karakter sulit. Berikut beberapa tipe bos dengan karakter sulit bagi anak buahnya:

Bos tipe ini umumnya menakutkan dan menjengkelkan, sebab sikapnya selalu diliputi emosi dan mudah sekali 'meledak'. Kemarahannya akan membuat seisi kantor ciut. Sekecil apapun kesalahan yang dilakukan anak buah, akan membuatnya marah.

Saking seringnya marah, anak buahnya bahkan tidak tahu lagi apa yang membuatnya marah. Sehingga meski tidak dalam keadaan marah pun, anak buahnya akan selalu siap siaga menghadapi kemarahannya.

Punya bos yang temperamental memang merepotkan, sebab belum apa-apa sudah sport jantung duluan. Mau ini salah, mau itu takut. Untuk menghadapi atasan yang memiliki tipe seperti ini, berikut tips dari deon :

• Santai saja
Segarang apapun si bos, ia tetap manusia yang punya hati dan perasaan, jadi santai saja. Tetap tenang saat menghadapinya, hindari bersikap kaku dan tenang yang diperlihatkan dari ekspresi wajah Anda. Hindari memberikan ekspresi ketakutan, seperti terus menerus menunduk dan menghindari bertatapan mata dengannya.

• Jangan banyak bercanda
Jangan sekali-kali melontarkan lelucon bila ia sedang serius, meski bermaksud untuk mencairkan suasana, tapi bila lelucon Anda 'tidak pas' maka bersiap-siaplah menerima dampratannya. Bersikaplah dengan pikiran terbuka dan positif, hindari menginterupsi ucapannya terlalu sering sebab akan memicu kemarahannya. Jika ingin menyampaikan sesuatu, carilah kesempatan yang tepat. Katakan dengan suara yang tenang dan tidak terlalu cepat, tapi juga jangan terlalu lamban. Pilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan situasi serta kondisi.

• Jangan mengeluh
Bertanggungjawablah dengan tugas-tugas keseharian Anda dan jangan coba-coba mengeluh di depannya. Bila ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakannya. Bos yang galak lebih suka Anda bertanya daripada pura-pura mengerti. Menghadapi anak buah yang sering mengeluh dan 'lamban' hanya akan membuatnya 'senewen' dan tambah galak. Tapi bos temperamental juga biasanya lebih 'fair' dan objektif dalam menilai anak buah.

Selamat mencoba
Tips pendidikan By. Deon cool
http://katadeon.blogspot.com

Artikel Yang Berhubungan



9 komentar:

Game_Lover said...

Boleh juga nie tips nya mas... :D

Kliatan mas nie disayang boss.......

Good job

Harry Seenthings said...

wah mantap nih, kebetulan atasan aku yang baru tempramental, makasih yah info ya

erwinyustiawan said...

pengennya jadi bos sih..hehe...btw..thank ya infonya..

bunda 4zka said...

Tips bagus nih....

SEDONA said...

Happy Valentine's Day.

Mat Spy said...

saber separuh dari iman jangan marah

http://www.arazakngah.com
http://www.cbstorebiz.com/forex/

Kang Artha said...

wah kalo atasanku bawaannya bete mulu bro, kalo lagi bete susah diajak bicara..tapi kalo pas tegas wah tegasnya minta ampun...walaupun gitu tetep bijaksana dalam menyikapi sesuatu, tak pernah ngumpat dan dengan wajah bete selalu memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi, jadi kalo tahu bos bete...langsung merem deh....ha...ha, eh kalau gitu dia malah ketawa...

obat tradisional ambeien said...

hhmm.. rata-rata oboz itu punya sifat yang tempramen..
hhmmm... sungguh tragis..

Cara mengobati penyakit gagal ginjal said...

wokkeeee sssipp gan, thanks infonya..
:)

Post a Comment